Agendakan Berkunjung ke Tempat Wisata Religi Berikut Setelah Umrah

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 03 Juni 2023, 08:54:54

Siapa yang tak ingin menunaikan ibadah ke Baitullah? Setiap muslim pastinya ingin merasakan menjalankan rangkaian ibadah haji maupun umrah di Baitullah. Kerinduan akan tanah yang jadi saksi sejarah peradaban Islam itu, pasti ada dalam hati para muslim. Setiap tahun, ratusan ribu bahkan jutaan orang berkunjung ke Ka’bah untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima tersebut.

Perjalanan ibadah umrah akan makin lengkap bila Anda meluangkan waktu untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Tentunya, wisata religi ini dapat Anda lakukan setelah menunaikan keseluruhan rangkaian ibadah umrah.

Niat utama mengunjungi tanah suci adalah untuk beribadah. Adapun agenda mengunjungi tempat wisata religi adalah tambahan untuk semakin memperkuat keimanan serta semangat dalam beribadah. Sekaligus mengenang masa kejayaan Islam melalui melihat secara langsung tempat-tempat bersejarah yang ada di sana.

Nah, inilah tujuh tujuan wisata religi yang bisa Anda kunjungi setelah umrah ketika berada di Baitullah. Yuk, simak selengkapnya!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan tempat yang mempunyai nilai sejarah, yaitu tempat pertama bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian ratus tahun turun ke bumi. Tak heran, begitu banyak umat Islam yang berkunjung ke Jabal Rahmah untuk melihat secara langsung Jabal Rahmah.

Ciri khas yang berada di Jabal Rahmah ini, Anda dapat menemukan tugu persegi panjang berwarna putih di atas bukit. Tugu beton tesebut menjulang dengan tinggi sekitar delapan meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Tujuan yang kedua yaitu Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang sejarah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud adalah perang yang sangat terkenal pada zaman Rasulullah. Karena pada saat itu terjadi perang besar antara umat Islam dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul sebab mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Pastinya, banyak pelajaran atas kekalahan umat Islam pada waktu itu. Yaitu, dalam perang harus taat pada perintah panglima perang yang ketika itu dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW. Karena tidak tunduk, maka akan mudah dikalahkan oleh musuh. Saat itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang terbaik yaitu Khalid bin Walid, yang nanti akhirnya masuk Islam. Bahkan, ia mendapat Gelar Syaifullah yang berarti pedang Allah.

Gunung dengan tinggi kurang lebih 350 meter tersebut berlokasi di sebelah utara kota Madinah. Anda bisa mengunjungi Masjid Al Fash, sekaligus berkunjung ke makam para sahabat Nabi yang gugur saat perang Uhud. Di tempat ini juga terdapat tempat Rasulullah melaksanakan shalat selesai perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat berikutnya yaitu Masjid Quba’. Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi SAW ketika hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama kaum muslimin yang digunakan untuk Shalat Jumat. Sehingga, banyak umat Islam yang ingin mengunjungi masjid bersejarah tersebut saat umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba tampak megah dengan warna putih sebagai identitasnya. Ada 3 pintu sebagai akses keluar masuk di Masjid Quba. Di bagian tengah, Anda dapat menemukan sumur serta tempat wudhu (sahn), sedangkan di bagian luar masjid Anda dapat membeli aneka macam kurma untuk buah tangan. Masjid ini terus mengalami pemugaran, sehingga masih tetap berdiri kokoh hingga hari ini. Jadi, sempatkan untuk mampir ke sini ya, saat melaksanakan umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ adalah tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga dapat melihat secara langsung tempat ini dari dekat, tetapi Anda harus dalam kondisi fisik yang sehat untuk mencapai tempat ini. Karena, jalan menuju Gua Hira’ melintasi tebing yang lumayan curam. Jangan lewatkan mampir ke Gua Hira’ setelah melaksanakan rukun umrah agar mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Masjidil Haram

ketika menunaikan umrah, dapat dipastikan Anda akan mengunjungi Masjidil Haram yang bertempat di Kota Makkah. Karena mayoritas rukun umrah dilakukan di Masjidil Haram, mulai dari thawaf, sai, serta tahallul. Anda juga mendapat kesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail yang berlokasi di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf saat berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid lain yang harus Anda kunjungi adalah Masjid Nabawi. Masjid yang terletak di Kota Madinah ini merupakan masjid utama yang dipakai oleh Rasulullah selama menyebarkan agama Islam di Kota Madinah. Dahulu, Masjid ini masih di area rumah Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid Nabawi.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan pada Rasulullah dapat terobati ketika Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut masuk salah satu masjid terbesar di dunia ini senantiasa ramai oleh para jamaah umrah. Anda dapat mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Jannatul Baqi

Untuki Anda yang ingin berziarah makam, bisa berkunjung ke Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah area dimakamkannya mayoritas sahabat Rasulullah. Di tempat yang dijuluki Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda bisa mendoakan para sahabat yang dikubur di sana.

Jabal Tsur

Selanjutnya, tempat dengan sebutan yang tak asing lagi yaitu Jabal Tsur. Ya, di tempat ini terdapat tempat bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Nabu SAW bersembunyi selama tiga hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar saat hijrah ke Madinah. Anda bisa menjadikan Jabal Tsur sebagai pilihan tempat untuk dikunjungi saat umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tak lengkap rasanya umrah tanpa membeli oleh-oleh saat kembali ke tanah air. Anda dapat mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang letaknya satu kilometer dari Masjidil Haram. Anda dapat berbelanja aneka camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga souvenir seperti tasbih dan sajadah yang dapat Anda bawa untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat.

Nah, itu dia 7 tempat wisata religi yang dapat Anda kunjungi setelah menunaikan ibadah umrah. Semoga umrah Anda diterima, dan bisa merasakan perjalanan yang lebih berkesan dengan singgah tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id